Istighosah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Sebaiknya dalammengamalkan Istighotsah, seseorang menyesuaikan wirid-wirid istighotsah sesuai dengan aslinya.
Caranya:Setelah mempunyai wudlu’, seseorang mengambil tempat dengan menghadap qiblat untuk memulai istighotsah dengan terlebih dahulu menghaturkan hadiah pahala surat Al-Fatihah untuk Junjungan Kita Kanjeng Nabi Muhammad SAW, Keluargadan Sahabatnya, Tabi’in, Para Wali dan Ulama’ Khususnya Shohibul Istighotsah yaitu: Hadlrotus_Syeikh Al-Mursyid KH. Muhammad Romly Tamim.
الفَاتِحَة
Al-Fatihah….
Setelah itu baru masuk pada Wirid- Wirid (Awrod) Istighotsah yaitu:
أسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْم َ1.
Saya mohon ampun kepada Alloh Yang Maha Agung (100x)
2. لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
Tidak ada daya dan upaya untuk menjauhi maksiat kecuali dengan pemeliharaan Alloh dan tiada kekuatan untuk melakukan ketaatan kecuali dengan pertolongan Alloh (100x)
3. لَا حَوْلَ وَلَا مَلْجَأَ مِنَ اللهِ إِلَّا إِلَيْهِ
Tidak ada tempat perlindungan dari Alloh kecuali hanya kepada-Nya (100x)
4. أللَّهُمَّ صَلِّ وسلم عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
Ya Alloh. Limpahkanlah rahmat kemuliaan dan keselamatan kepada Junjungan kami Nabi Muhammad berserta keluarganya (100x)
5. يَا اَللهُ يَا قَدِيْمُ
Wahai Alloh, wahai Dzat yang Maha Ada Tanpa Permualaan (100x)
6. يَا سَمِيْعُ يَا بَصِيْرُ
Wahai Alloh, wahai Dzat Yang Maha Mendengar dan Maha Melihat (100x)
7. ُيَا مُبْدِئُ يَا خَالِقُ
Wahai Dzat yang Maha Mewujudkan sesuatu dari tidak ada, wahai Dzat Yang Maha Pencipta (100x)
8. يَا حَفِيْظُ يَا نَصِيْرُ يَا وَكِيْلُ ياَ الله
Wahai Dzat yang Maha Memelihara dari keburukan dan kebinasaan, wahai Dzat Yang Maha Menolong, wahai Dzat yang Maha Dipasrahi/ Ditawakkali, Yang Maha Diserahi Yang Maha Menjamin para hamba, Ya Alloh (100x)
9. يَا خَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أسْتَغِيْثُ
Wahai Dzat Yang Maha Hidup, Yang Maha Perkasa Berdiri Sendiri Yang Terus Menerus Mengurus makhlukNya, hanya dengan rahmat-Mu-lah aku memohon pertolongan-Mu (100x)

20. الْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أنْعَمَ عَلَيْنَا وَهَدَانَا عَلَى دَيْنِ الإسْلَامِ
Segala puji bagi Alloh yang telah memberikan nikmat kepada kita dan memberi hidayah/ petunjuk kepada agama Islam (3x)
21. بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا يَسُوْقُ الْخَيْرَ إلَّا اللهِ , بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا يَصْرِفُ السُّوْءَ إلَّا اللهُ , بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ مَا كَانَ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللهِ , بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
(3x)

22. سَألْتُكَ يَا غَفَّارُ عَفْوًا وَتَوْبَةً وَبِالْقَهْرِ يَا قَهَّارُ خُذْ مَنْ تَحَيَّلَا
Ya Alloh, aku memohon ampunan dan taubat yang diterima kepada-Mu, Ya Alloh yang Maha Pengampun, dan dengan keperkasaan, kekuatan dan kekuasaan-Mu Wahai Dzat yang Maha Perkasa & Mengalahkan, tundukkan dan hukumlah orangyang melakukan tipu muslihat, tipu daya, rekayasa dan inginmencelakai kami (3x)
23. وَعَطِّفْ قُلُوبَ الْعَالَمِيْنَ بِأَسْرِهَا , عَلَيَّ وَأَلْبِسْنِيْ قَبُولاً بِشَلْمَهَتْ ، نَرُدُّ بِكَ الْأَعْدَاءَ مِنْ كُلِّ وِجْهَةٍ , وَبِالْإِسْمِ نَرْمِيْهِمْ مِنَ الْبُعْدِ بِالشَّتَتْ
Membaca bacaan di atas (3x)
24. مَا شَاءَ اللهُ
Segala sesuatu terjadi karena kehendak Alloh (100x)
25/ يَا جَبَّارُ يَا قَهَّارُ يَا ذَا الْبَطْشِ الشَّدِيْدِ , خُذْ حَقَّنَا وَحَقَّ الْمُسْلِمِيْنَ مِمَّنْ ظَلَمَنَا وَالْمُسْلِمِيْنَ وَتَعَدَّى عَلَيْنَا وَعَلَى الْمُسْلِمِيْنَ
Wahai Dzat yang Maha Memaksa Maha Gagah Maha Mengalahkan, Maha Perkasa Maha Menundukkan, Wahai Dzat Dzat yang Maha keras pukulan/ ‘ adzab-Nya, ambilkan hak-hak kami dan hak-hak umat Islam dari orang-orang yang mendzolimi kami dan mendzolimi umat Islam, yang telah menganiaya kami dan menganiaya umat Islam (3x)
26. اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْلِيْ فَإِنَّهُ لَايَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ (X ۳)
27. الفَاتِحَة
Keterangan:
NB. bahwa Amaliyah Istighosah yang disusun oleh Hadlrotus Syeikh Al-Mursyid KH.Muhammad Romly Tamim dan mendapat tambahan dari putra beliau, Hadlrotus Syeikh Al-Mursyid KH. Musta’in Romly, atas ijazah dari mertua beliau, Hadratusy Syaikh KH. Wahab bin Hasbulloh Tambakberas, sekaligus beliauHadratusy Syaikh KH. Wahab bin Hasbulloh menyarankan agar wirud tersebut dimasukkan dalam istighotsah sebagaimana urutan diatas, yaitu tepatnya pada bacaan dst…وَعَطِّفْ قُلُوبَ الْعَالَمِيْنَ بِأَسْرِهَا dan bacaan مَا شَاءَ اللهُ
Semoga Mendapat Ridlo Alloh, Mustajabah, Bermanfa’at dan barokah, AmiinAl-Fatihah….
Sumber: sarkub.com

Komentar