Tata cara dan niat Salat Jenazah

Salat Jenazah صلاة الجنازة,‎ adalah jenis salatyang dilakukan untuk jenazah muslim. Setiap muslim yang meninggal baik laki-laki maupun perempuan wajib disalati oleh muslim yang masih hidup dengan status hukum fardhu kifayah. Nabi Muhammad tidak pernah mau menyalatkan jenazah yang meninggal masih memiliki hutang dan mati karena bunuh diri, tetapi wajib disalatkan oleh umatnya atau masyarakat umum.

Syarat penyelenggaraan Adapun syarat yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan salat ini adalah:
*.Yang melakukan salat harus memenuhi syarat sah salat secara umum (menutup aurat, suci dari hadas, menghadap kiblat dst);
*. Jenazahharus sudah dimandikan dan dikafani;
*.Jenazah diletakkan disebelah mereka yang menyalati, kecuali dilakukan di atas kubur atau salat ghaib.
Rukun Salat Jenazah[ sunting| sunting sumber]
Salat jenazah yang tidak dilakukan ruku', sujudmaupun iqamah, melainkan dalam posisi berdiri sejak takbiratul ihramhingga salam. Berikut adalah urutannya:
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Niat salat
*.Berniat;
Niat salat ini, sebagaimana juga salat-salat yang lain cukup diucapkan di dalam hati dan tidak perlu dilafalkan, tidak terdapat riwayatyang menyatakan keharusan untuk melafalkan niat.
*.Takbiratul Ihram (takbir yang pertama), kemudian membaca surat Al Fatihah;

*.Takbir kedua kemudian membaca shalawatatas rasulullahminimal:
"Allahumma shalli 'alaa Muhammadin"("Ya Allah berilah salawat atas Muhammad).";

*.Takbir ketiga kemudian membaca do'a untuk jenazah:

1.Jenazah pria,"Allahhummaghfir lahu warhamhu wa'aafihi wa'fu anhu..."("Ya Allah ampunilah dia, berilah rahmat, kesejahteraan dan ma'afkanlah dia").

2.Jenazah wanita katalahuudiganti denganlahaa,"Allahhummaghfir lahaa warhamha wa'aafiha wa'fu anha...".

3.Jenazah banyak katalahuudiganti denganlahum,"Allahhummaghfir lahum warhamhum wa'aafihim wa'fu anhum..."
*.Takbir keempat kemudian membaca do'a minimal:

1.Jenazah pria,"Allahumma laa tahrimnaa ajrahu walaa taftinna ba'dahu waghfirlanaa walahu."("Ya Allah, janganlah kiranya pahalanya tidak sampai kepadanya atau janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya, dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, serta ampunilah kami dan dia").

2.Jenazahnya wanita, bacaannya menjadi,"Allahumma laa tahrimnaa ajraha walaa taftinna ba'daha waghfirlanaa walaha.";
*.Mengucapkan salam.
Salat Ghaib
Jika terdapat keluarga atau muslim lain yang meninggal di tempat yang jauh sehingga jenazahnya tidak bisa dihadirkan maka dapat dilakukan salat ghaib atas jenazah tersebut. Pelaksanaannya serupa dengan salat jenazah, perbedaan hanya pada niat salatnya.
Referensi

1. ^Rasulullahpernah tidak mensalatkan jenazah yang meninggal dengan masih memiliki hutang & jenazah yang meninggal karena bunuh diri. Diriwayatkan dari Abu Hurairah; “Sesungguhnya dibawakan kepada rasulullahjenazah seorang laki-laki yang mempunyai (tanggungan) hutang. Maka dia bertanya, “Apakah ia meninggalkan (harta) untuk (melunasi) hutangnya?” Jika dikatakan bahwa ia meninggalkan (harta) untuk melunasi hutangnya, maka dia mensalatkannya. Jika tidak, maka dia mengatakan kepada kaum muslimin, “Salatkanlah jenazah sahabat kalian (ini).” Ketika Allah membuka kemenangan-kemenangan atas dia, maka dia bersabda, “Aku lebih berhak atas kaum mu’minin atas diri mereka sendiri. Barangsiapa dari kalangan kaum mu’minin yang meninggal dunia dengan (tanggungan) hutang, pelunasannya menjadi tanggunganku, dan barangsiapa yang meninggalkan harta, maka (itu) untuk ahli warisnya.” (HR. Bukhari Juz 2:2176).

2. ^Diriwayatkan pula dari Jabir bin Samurah, ia berkata; ”Pernah dibawa kepada nabiseorang laki-laki yang mati bunuh diri dengan tombak, maka dia tidak mensalatkannya.” (HR. Muslim Juz 2:978).

3. ^Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah; “Masyarakat umum boleh mensalatkannya. Adapun para tokoh agama yang menjadi panutan, jika mereka meninggalkan salat atas jenazah tersebut, sebagai teguran atas yang lain dan untuk mengikuti perbuatan nabi, maka itulah yang benar” (Majmu’ Fatawa, 24/289).

4. ^Hadits dari ‘Aisyah, ia berkata: “Biasanya rasulullahmemulai salatnya dengan takbir” (HR. Muslim, no.498).

5. ^Dari Abdullah bin Umar ia berkata: “Saya melihat nabimemulai salatnya dengan takbir, lalu mengangkat kedua tangannya” (HR. Bukhari no.738).

Komentar